Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

G-Bisnis.com Mengucapkan... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H - Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin...

Arti Akuntansi Menurut Para Ahli Untuk Analisa Bisnis Anda

G-bisnis.com - pengertian akuntansi ~ Apa yang terbayang  dalam pikiran Anda ketika kalian mendengar kata akuntansi? Berikut adalah pengertian akuntansi dan hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi.

Kebanyakan dari kita menganggap akuntansi sebagai ilmu yang sulit untuk di pahami atau setara dengan kesulitan mengerjakan soal matematika atau fisika.

Dalam ilmu komunikasi banyak angka-angka yang membuat sebagian dari Anda merasa pusing sebelum memahami pengertian komunikasi terlebih dahulu.

Arti Akutansi Menurut Para Untuk Analisa Bisnis Anda

Akuntansi ini masuk dalam kategori ilmu sosial yaitu ilmu ekonomi, Berbicara tentang akuntansi maka memiliki hubungan yang erat dengan bidang ekonomi. Makin penasan dengan pengertian akuntansi ?.

Dalam kehidupan sehari-hari pernahkan melihat seseorang yang memiliki hobi mencatat apa saja yang telah dibelanjakannya menggunakan uang.

Pengertian akuntansi

Maka dengan ini kalian akan memahami dengan mudah apa pengertian akuntansi yang sebenarnya, karena para pelaku akuntansi ini ada disekitar Anda. Mungkin Andapun tanpa sadar melakukan kegiatan-kegiatan akuntansi dalam aktivitas sehari-hari

Akuntansi dalam bahasa Inggris disebut juga accounting, dapat diartikan bahwa akuntansi atau accounting ini adalah membuat atau menyusun suatu akun atau rekening.

Pengertian akuntansi menurut para ahli

Dalam artikel ini terdapat beberapa pendapat ahli tentang pengertian akuntansi yang dapat Anda jadikan informasi. Berikut adalah pengertian akuntansi dari beberapa ahli:
  1. Sugiyono dan Riyono mendefinisikan akuntansi adalah suatu tindakan yang memberikan jasa dan memberikan pelayanan berupa informasi-informasi yang berhubungan dengan uang berupa informasi yang kuantitatif.
  2. Menurut Thomas Sumarsan, akuntansi adalah proses untuk dapat mengumpulkan, melakukan identifikasi, melakukan klarifikasi, melakukan pencatatan transaksi-transaksi keuangan ataupun kejadian yang berkaitan dengan hal keuangan. Proses ini akan mampu menghasilkan suatu informasi yaitu suatu laporan keuangan.
  3. Winwin Y dan Ilham W mendefinisikan akuntansi adalah suatu bentuk informasi yang dapat melakukan pencatatan, melakukan identifikasi dan menyampaikan komunikasi  tentang suatu kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan tentang keuangan.
  4. Warren, Reeve, dan Duchac menjelaskan bahwa akuntansi sebagai suatu kesatuan yang dapat menyediakan berbagai laporan kepada para pemakai laporan keuangan tentang suatu aktivitas dari perusahaan-perusahaan yang ada.
  5. Harahap menyatakan bahwa akuntansi adalah tahapan dalam melakukan identifikasi hingga menyampaikan suatu informasi keuangan yang akan dijadikan suatu bahan informasi yang akan digunakan oleh pemiliknya dalam mengambil keputusan dari berbagai pilihan yang ada.
  6. Samryn menyatakan bahwa akuntansi adalah kumpulan informasi yang dimanfaatkan sebagai dasar dalam melakukan perubahan data menjadi suatu bentuk informasi keuangan dari sebuah transaksi keuangan.
  7. Abu Bakar A dan Wibowo mendefinisikan akuntansi sebagai suatu tahapan atau langkah-langkah dalam mengakui, mencatat dan melakukan korespondensi bursa keuangan dari unsur-unsur yang berkaitan .
  8. Akuntansi menurut Littleton adalah ukuran yang dijadikan sebagai dasar dalam mempelajari akuntansi dan ilmu keuangan.
  9. Dr. M. Gede mendefinisikan akuntansi adalah  sebuah seni atau ilmu yang melakukan secara terus menerus pengelolaan maupun analisa catatan keuangan berdasarkan sistem beserta peraturan sehingga menghasilkan suatu laporan keungan
  10. Keputusan Menteri Keuangan memberikan suatu definisi tentang akuntansi yaitu suatu tahapan yang dilalui mulai dari pengumpulan informasi-informasi keuangan hingga pelaporan tentang adanya berbagai transaksi keuangan yang akan menjadi sumber informasi  keuangan yang berguna.
  11. Mulyadi menyatakan akuntansi adalah suatu badan yang terdiri dari catatan, formulir maupun laporan yang di arahkan dengan berbagai cara untuk dapat memberikan suatu laporan keuangan yang nantinya akan digunakan oleh suatu lembaga yang berkaitan agar memperoleh kemudahan dalam mengoperasikan perusahaan yang dimilikinya.
  12. Paul Gray menyatakan bahwa akuntansi yaitu suatu kesatuan yang melakukan tindakan atas suatu transaksi-transaksi keuangan yang telah tersedia dalam bentuk laporan keuangan sebagai bukti tentang kepercayaan yang telah diberikan melalui bukti pertanggungjawaban .

Tujuan Akuntansi Pada Bisnis

Akuntansi sebagai suatu sistem informasi tentunya mempunyai tujuan, tujuan utama akuntansi adalah memberikan infomasi ekonomi dari kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Tujuan akutasi yang lainnya adalah sebagai berikut:
  • Menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya tentang perubahan-perubahan yang terjadi akibat adanya suatu kegiatan tertentu.
  • Melakukan monitoring apabila terjadi suatu perubahan ekonomi beserta kewajibannya.
  • Membantu pengguna dalam membaca informasi tentang keuangan.
  • Menjadi sumber acuan informasi keuangan yang terpercaya mengenai modal, sumber ekonomi maupun kewajiban.
  • Menyampaikan data yang ada secara detail yang akan digunakan oleh pengguna laporan keuangan.

Fungsi Akuntansi Bisnis

  1. Dalam artikel ini selain membahas tentang pengertian akuntansi, kami juga memberikan beberapa informasi yang berhubungan dengan akuntansi. Dibawah ini adalah fungsi-fungsi akuntansi:
  2. Mengetahui tentang keadaan keuangan yang ada pada perusahaan
  3. Memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkan suatu perusahaan (tugas seorang akuntan)
  4. Dapat melihat apakah terjadi perubahan keuangan dalam suatu perusahaan
  5. Digunakan sebagai dasar seorang manajer dalam mengambil suatu keputusan agar perusahaan memperoleh keuntungan yang besar

Proses Akuntansi Bisnis

Proses akuntansi  atau dapat juga disebut sebagai suatu siklus akuntansi dilakukan secara berulang-ulang dan memiliki tahapan yang sama dan harus pula dilakukan setiap entitas dalam mempersiapkan suatu laporan keuangan. Siklus akuntansi adalah sebagai berikut:
  1. Pencatatan data ke dalam bukti transaksi
  2. Penjurnalan
  3. Melakukan posting pada buku besar
  4. Penyusunan suatu neraca saldo
  5. Membuat ayat jurnal dan memasukannya jumlah dari neraca saldo tersebut
  6. Membuat ayat-ayat penutupan
  7. Menyusun suatu laporan keuangan

Cabang-cabang Akuntansi

Ilmu akuntansi memilki tiga cabang, yaitu:
  1. Akuntansi Pemerintah, adalah cabang akuntansi yang kegiatannya memproses transaksi-transaksi keungan yang dilakukan pemerintah yang ditujukan untuk menghasilkan laporan keungan sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat melalui lembaga-lembaga legislative dan untuk kepentingan-kepentingan pihak yang terkait di dalamnya.
  2. Akuntansi manajemen, adalah cabang akuntansi yang menghasilkan suatu laoran keuangan bagi pihak internal suatu organisasi ataupun manajemen.
  3. Akuntansi keuangan, adalah cabang akuntansi yang menghasilkan suatu laporan keuangan bagi pihak luar seperti para investor, Bapepam, dan kreditor.

Aktivitas-aktivitas akuntansi

Dalam akuntansi terdapat tiga aktivitas utama, yaitu
  1. Aktivitas identifikasi yaitu suatu aktivitas untuk mengidentifikasikan transaksi-transaksi yang ada dalam perusahaan.
  2. Aktivitas pencatatan yaitu aktivitas yang dilakukan dengan cara mencatat semua transaksi yang telah dilakukan identitifikasi secara sistematis dan kronologis.
  3. Aktivitas komunikasi merupakan suatu aktivitas yang diperuntukan untuk mengkomunikasikan infomasi-informasi akuntansi dalam bentuk suatu laporan keuangan yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan baik bagian internal maupun eksternal suatu perusahaan.

Pengguna Informasi Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi banyak kalangan yang menggunakan ilmu-ilmu akuntansi dalam menyelesaikan pekerjaannya. Berikut adalah para pengguna informasi akuntansi:
  1. Manajer bisnis
  2. Investor dan kreditor
  3. Karyawan
  4. Petugas pajak
  5. Badan hukum pemerintahan

Hubungan akuntansi dan laporan keuangan

Diatas banyak disebutkan mengenai laporan keuangan, diantara Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya laporan keuangan yang berkaitan dengan akuntansi. Laporan keuangan merupakan bagian dari akuntansi dimana perusahaan-perusahaan memerlukan suatu laporan kegiatan yang telah dilakukan perusahaan. Laporan keuangan ini penting agar perusahaan melihat posisi laporan  keuangan pada perusahaan tersebut.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian akuntansi dan hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi. Semoga informasi yang kami sampaikan berguna bagi anda, terimakasih.

Sumber : Berbagai sumber bacaan

Posting Komentar untuk "Arti Akuntansi Menurut Para Ahli Untuk Analisa Bisnis Anda"