Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mana yang Lebih Untung? Berjualan Online di Website Sendiri Atau Marketplace

G-bisnis - Mana sih yang lebih menguntungkan? Jualan Online di Website Sendiri atau berjualan di Marketplace? Jaman sekarang memang ada banyak sekali pilihan platform untuk berjualan online. Anda tidak harus mengandalkan media sosial lagi untuk menawarkan produk secara online.

Jualan Online

Beberapa tahun ini, kebanyakan orang yang berjualan online lebih memilih menggunakan marketplace. Menurut kebanyakan orang yang sudah cukup lama jualan di marketplace, mereka mendapatkan banyak keuntungan yang cukup banyak.

Mana yang Lebih Untung? Berjualan Online di Website Sendiri Atau Marketplace

Lalu apakah marketplace layak untuk disebut sebagai platform terbaik untuk berjualan online? Tentu saja marketplace masih belum layak disebut sebagai platform terbaik untuk jualan online. Platform terbaik untuk jualan online tetap dipegang oleh website toko online pribadi.

Sebenarnya kenapa website toko online pribadi masih dinyatakan sebagai platform terbaik untuk berjualan online? Anda bisa membaca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Alasan Kenapa Berjualan Online Di Website Pribadi Lebih Menguntungkan?

Sebelum membahas berbagai hal yang membuat website pribadi tetap menjadi platform terbaik untuk berjualan online, ada baiknya anda pahami terlebih dahulu kenapa marketplace masih gagal disebut sebagai platform terbaik untuk jualan online berikut ini:

  • Anda masih numpang di tempat orang

Alasan pertama kenapa marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan juga Shopee itu masih belum bisa dikategorikan sebagai platform terbaik untuk berjualan online adalah karena status anda masih numpang di marketplace tersebut.

Karena masih numpang, sudah pasti hidup anda bergantung sepenuhnya kepada marketplace tersebut. Anda juga harus tunduk dengan semua aturan yang diberlakukan oleh pengurus marketplace.

Jika jaman berganti dan ternyata marketplace tempat anda menggantungkan hidup tersebut harus gulung tikar, mata pencaharian andapun dijamin akan ikut gulung tikar.

  • Butuh modal yang lebih besar untuk berjualan online di marketplace

Salah satu alasan kuat kenapa marketplace tidak bisa menjadi platform terbaik untuk berjualan online adalah anda membutuhkan modal yang jauh lebih besar untuk bisa eksis di marketplace tersebut.

Bukankah anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa mulai berjualan online di marketplace? Lalu untuk apa anda membutuhkan modal yang besar?

Ya, memang anda tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun untuk bisa numpang berjualan online di marketplace. Tapi justru itulah yang membuat anda harus mengeluarkan modal untuk bisa eksis di marketplace.

Masih belum tau kenapa anda butuh lebih banyak modal? Anda butuh lebih banyak modal karena persaingan di marketplace itu sangat mengerikan.

Jika anda sama sekali tidak mengeluarkan modal untuk promosi, dijamin toko online anda akan tenggelam ditelan oleh toko-toko online lain yang menggunakan fitur-fitur premium dari marketplace.

Selain itu, anda membutuhkan lebih banyak modal untuk berjualan online di marketplace karena dana pembayaran dari konsumen ditahan beberapa hari oleh pengurus marketplace.

Hal tersebut tentu tidak menjadi masalah jika dalam satu hari anda hanya melayani pembelian produk dengan total maksimal sebesar Rp 100.000 saja. Namun bagaimana jika dalam satu hari anda sudah menjual produk dengan total nominal sebesar puluhan juta?

  • Susah memilih salah satu dari marketplace untuk dijadikan platform jualan online utama

Jika berbicara mengenai marketplace, masing-masing orang pasti memiliki preferensi sendiri-sendiri. Ada yang lebih suka membeli produk dari Bukalapak, ada juga yang lebih suka membeli produk dari Tokopedia ataupun Shopee.

Karena masalah tersebut, maka mau tidak mau anda yang ingin berjualan online di marketplace harus membuka toko di ketiga marketplace terbesar di Indonesia tersebut.

Bukankah anda lebih untung jika membuka banyak toko di beberapa marketplace? Di atas kertas memang terlihat menguntungkan membuka toko di 3 marketplace terbesar di Indonesia tersebut.

Namun setelah anda jalani, dan jika anda cukup beruntung mendapatkan banyak pesanan, kemungkinan besar anda akan merasakan pusingnya mengatur cash flow.

Kembali lagi ke poin kedua, dana yang dibayarkan dari konsumen ditahan terlebih dahulu oleh pengurus marketplace. Jadi bagaimana jika ternyata anda begitu beruntung mendapatkan banyak konsumen setiap hari dari ketiga toko online anda di marketplace tersebut?

Berapa banyak modal yang anda butuhkan untuk bisa melayani pembelian konsumen yang dananya tidak bisa cair dalam hari itu juga?

  • Risiko mengalami kerugian akibat konsumen yang nakal

Satu lagi alasan kenapa menggunakan marketplace untuk platform berjualan online itu sebenarnya merugikan adalah karena anda masih memiliki risiko mengalami kerugian akibat konsumen yang nakal.

Tidak sedikit penjual baik hati yang menjadi korban kenakalan konsumen yang membuat pengaduan palsu mengenai produk yang penjual kirim.

Alih-alih menjadi penengah kasus antara penjual dan pembeli, beberapa pengurus marketplace masih tampak lebih membela pembeli.

Jika sudah begitu, mau tidak mau penjual harus rela kehilangan barang sekaligus uang pembayaran dari konsumen. Bahkan ada juga yang sampai kehilangan akun yang didalamnya masih terdapat cukup banyak dana yang belum cair.

Keuntungan Berjualan Online di Website Milik Anda Sendiri

Oke, marketplace memang belum layak disebut sebagai platform berjualan online paling baik. Lalu kenapa website toko online milik sendiri itu bisa dinyatakan sebagai platform berjualan online paling baik? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Website toko online milik anda sepenuhnya

Karena anda yang menjadi pemilik website, jelas semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Anda bisa membuat aturan yang sama-sama menguntungkan antara pembeli dan juga anda sebagai penjual.

Selain itu, anda sudah tidak lagi perlu merasa takut platform yang anda gunakan untuk berjualan online tutup. Selama anda tepat waktu dalam membayar domain dan juga hosting, dijamin website toko online anda akan bisa diakses 24 jam 7 hari secara non stop.

  • Lebih mudah mendapatkan dan sekaligus meningkatkan loyalitas konsumen

Perlu anda ketahui, berjualan online di marketplace itu juga sangat sulit mendapatkan konsumen yang loyal.

Konsumen di marketplace itu akan tetap loyal selama harga yang anda tawarkan merupakan harga termurah. Jika anda naikkan sedikit saja harga, dijamin konsumen loyal tersebut akan berpindah ke toko lain.

Hal tersebut bisa diminimalisir ketika anda memiliki website toko online sendiri. Kenapa? Karena produk yang dilihat oleh konsumen itu semuanya adalah produk anda.

Tidak ada produk kompetitor yang ditampilkan di halaman toko online anda seperti di marketplace. Karena itu, kemungkinan untuk mendapatkan sekaligus meningkatkan loyalitas konsumen juga menjadi lebih besar.

  • Tampak lebih profesional di mata konsumen

Membuat website toko online sendiri itu butuh dana, jadi secara tidak langsung calon konsumen juga akan lebih percaya dengan toko online anda.

Hampir tidak mungkin seseorang yang sudah membuat website untuk digunakan sebagai platform berjualan online itu tidak melayani konsumen sepenuh hati.

Kenapa? Karena mereka sudah keluar dana terlebih dahulu untuk membuat website. Pelayanan toko online dengan platform website sendiri jelas berbeda dengan yang menggunakan platform marketplace.

  • Banyak fitur-fitur menarik yang bisa digunakan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen

Menariknya lagi, website toko online milik sendiri itu bisa dimodifikasi. Anda bisa menggunakan berbagai macam fitur menarik untuk semakin mempermudah konsumen dalam belanja produk-produk yang anda tawarkan secara online.

Jadi bagaimana? Apakah anda masih lebih memilih berjualan online di marketplace dibandingkan di website toko online sendiri?

Berjualan online di marketplace itu boleh-boleh saja. Namun sebaiknya jika anda sudah memiliki modal, segera buat website toko online anda sendiri. Tanpa memiliki website toko online sendiri, anda tidak akan pernah berkembang dalam berjualan online.

Posting Komentar untuk "Mana yang Lebih Untung? Berjualan Online di Website Sendiri Atau Marketplace"