Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Hubungi Telpon

Usaha Yang Dikelola Sendiri disebut Usaha? Inilah Penjelasannya!

G-bisnis.com Jika Anda menemukan pertanyaan, usaha yang dikelola sendiri disebut usaha? Apa jawaban yang tepat?
Jawabannya adalah usaha perseorangan atau usaha individu. Dengan pengertian lain, sebuah usaha yang didirikan oleh seseorang pada skala kecil. Usaha ini sering diaplikasikan pada home industry, yang mana sangat banyak ditemukan di zaman ini.
Sehingga tidak heran jika pertanyaan “usaha yang dikelola sendiri adalah” sering muncul di beberapa pelajaran di jenjang pendidikan. Untuk itu, kami akan mengulasnya lebih jauh pada pembahasan ini.

Mengenal Usaha Perseorangan atau Individu

Usaha Yang Dikelola Sendiri disebut Usaha? Inilah Penjelasannya!

Usaha perseorangan adalah sebuah usaha yang dikelola oleh individu, sehingga tidak jarang usaha ini disebut dengan usaha individu. Dalam realitasnya, usaha ini banyak dimiliki oleh masyarakat menengah, terlebih di negara berkembang seperti Indonesia.

Karena perseorangan, maka usaha ini memiliki batas skala jangkauan. Sehingga tidak bisa benar-benar melebar besar jika belum dijadikan ke perseroan. Namun tidak mustahil, usaha individu ini menjadi sebuah usaha yang maju.

Jenis Usaha Individu (Perseorangan)

Ada satu pertanyaan menarik yang sering muncul, “usaha apa saja yang bisa dikelola sendiri?”
Tentu saja banyak sekali usaha perseorangan yang bisa dikelola. Beberapa contoh real-nya adalah sebagai berikut:

1. Industri Kecil (Home Industry)

Satu jenis usaha yang paling sering dilakukan oleh banyak orang di zaman ini adalah home industry. Apalagi di daerah perkotaan yang padat dan memiliki mobilitas ekonomi yang cepat.

Home industri bisa dikatakan sebagai usaha yang dikelola sendiri dengan merekrut beberapa anggota usaha. Seringkali, memiliki koridor kecil dengan pasar yang terbatas.

Contoh dari usaha perseorangan yang dikelola sendiri pada kategori home industry ini adalah:
Intinya usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perseorangan, jika memiliki sangkut paut dengan industri pembuatan (produsen), maka bisa dinamakan dengan home industry. Semua kalangan bisa mencoba usaha ini, tanpa legalitas maupun pendirian badan usaha yang resmi.

2. Usaha Pertanian

Salah satu jenis usaha perseorangan selanjutnya usaha pertanian. Jika Anda pernah melihat seorang petani, tentu mereka merawat dan menghandle semua pekerjaan seorang diri (mungkin bisa dibantu keluarga).

Intinya, usaha pertanian di skala desa bisa disebut usaha yang dikelola sendiri karena tidak melibatkan pengorganisasian kerja dan pembagian job description secara administratif. Contoh-contoh usaha pertanian ini meliputi:
  • Pertanian padi
  • Perkebunan kelapa
  • Penanaman nanas
  • Hingga pemeliharaan rumput hewan
Semua contoh usaha yang dikelola sendiri tersebut bisa digolongkan sebagai usaha pertanian. Dimana usaha pertanian yang dikelola perorangan memiliki lahan yang terbatas. Cenderung dilakukan oleh masyarakat pedesaan dan pelosok negeri.

3. Usaha Jasa Skala Individu

Satu hal yang perlu Anda ketahui juga, ada banyak jenis jasa yang tidak membutuhkan pengorganisasian kerja. Jenis usaha kecil yang bisa dilakukan secara mandiri, seperti:
  • Jasa tambal ban
  • Instalasi listrik dan perbaikan elektronik
  • Perbaikan komputer atau PC
  • Service AKI
  • Jasa layanan Bank rumahan
Masih banyak lagi jenis jasa lain yang bisa dilakukan secara perorangan atau pribadi. Dimana, usaha tersebut memiliki skala pasar yang terbatas dan tidak membutuhkan banyak karyawan untuk mobilitas job description-nya.

4. Usaha Perdagangan Skala Kecil

Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha individu, salah satu jenisnya adalah usaha perdagangan. Namun bukan perdagangan di tingkat mall atau bahkan monopoli, akan tetapi pada taraf pedagan individu.

Mereka para masyarakat yang bertugas mendistribusikan beraneka macam barang lewat berbagai metode. Contoh jenis usaha individu ini adalah:
  • Pedagang pasar
  • Mlijo (Pedagang sayur dan bahan dapur keliling)
  • Toko kelontong
  • Penjual jamu keliling
  • Pengedar bibit pertanian
Semua usaha yang dilakukan oleh individu tersebut terkadang memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Karena memang sangat kompetitif, apalagi dilihat dari segi target pasar dan skala penawaran permintaannya.

Modal Usaha Individu

Lantas bagaimana modal dari usaha individu? Harus Anda ketahui usaha yang dikelola sendiri memiliki modal yang terbatas. Artinya, modal yang ada merupakan kalkulasi cost produksi dengan hasil distribusi. Tidak ada mekanisme administratif, audit, maupun pelaporan tentang sirkulasi modal.

Perolehan modal usaha individu ini akan digunakan full untuk biaya teknis produksi serta distribusi barang. Boleh dikatakan, usaha ekonomi yang dikelola perseorangan biasanya memiliki modal yang relatif sedikit.

Nantinya, dari hal tersebut akan diperoleh keuntungan bersih. Nantinya, keuntungan tersebut akan digunakan untuk produksi lagi. Setelah keuntungan dikurangi dengan biaya produksi ulang, nantinya muncul laba yang akan masuk pada kantong produsen maupun distributor usaha individu tersebut
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Perseorangan

Setiap jenis usaha pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak terkecuali usaha perseorangan atau individu ini. Dalam praktiknya, usaha ini memiliki banyak plus minus.

Kelebihan Usaha Perseorangan

Ada beberapa kelebihan usaha individu yang bisa didapatkan seseorang, diantaranya:
  1. Tidak memiliki pajak, sehingga bebas tanggungan tahunan
  2. Cost produksi cukup rendah, sehingga semua bisa dihandle mandiri
  3. Tidak ada administrasi yang menyusahkan, terlebih pada masalah dana
  4. Job description tidak dimanaj secara ketat, sehingga bisa bekerja dengan santai
  5. Bisa berkembang dengan cepat, karena bebas aturan perusahaan
  6. Tidak perlu pelaporan atau jenis audit lainnya
Karena beberapa keunggulan itulah, seseorang kadang lebih memilih usaha pribadi daripada usaha kelompok. Sebagian masyarakat menengah ke bawah cenderung lebih tidak mau ribet dengan segala administrasinya.

Kekurangan Usaha Perseorangan

Selain memiliki kelebihan yang banyak, usaha perseorangan juga memiliki kelemahan. Diantara kekurangan usaha perseorangan adalah sebagai berikut:
  • Tidak ada jaminan kelangsungan usaha
  • Modal sangat terbatas dari pemilik usaha
  • Manajemen keuangan sangat sensitif, apalagi jika dibenturkan kondisi pasar
  • Pemilik usaha memiliki tanggung jawab penuh (sangat bergantung)
  • Sulit berkembang pada skala pasar luas, karena relasi terbatas
  • Job description sembarangan, akhirnya manajemen bisa kacau
Meskipun usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perseorangan, karena dikelola perseorangan itulah, usaha ini kerap kali cepat bangkrut. Apalagi jika pemiliknya tidak mengetahui manajemen kerja yang baik.

Usaha yang Dikelola Kelompok

Berbeda dengan usaha perseorangan atau individu, usaha ekonomi yang dikelola kelompok adalah usaha yang dijalankan oleh kelompok tertentu. Dimana modal, pengelolaan, dan keuntungan tentunya dibagi bersama.

Adapun beberapa contoh usaha kelompok adalah:
  • Firma
  • PT (Perseroan Terbatas)
  • Persekutuan Komanditer
  • Koperasi
  • Usaha Paket Wisata VW Tour Borobudur
Sebenarnya, masih banyak jenis usaha yang dikelola kelompok. Intinya, usaha-usaha tersebut dibangun tidak oleh satu orang saja. Tetapi, dibangun serta dikelola oleh banyak orang dalam satu visi.

Pembagian modal, pengelolaan, serta hasil tentu saja tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena usaha tersebut diatasnamakan oleh kelompok, bukan satu orang tertentu (individu).

Penutup

Intinya, usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perseorangan atau individu dengan sistem manajemen mandiri. Semua suplai modal dan pengelolaan dilakukan mutlak oleh pemilik usaha. Namun, hasil yang didapatkan tentu juga bisa didapatkan oleh pemilik usaha secara penuh.

Pertanyaan Terkait:
usaha yang dikelola sendiri disebut usaha, usaha yang dikelola sendiri disebut, jenis usaha yang dikelola sendiri disebut, usaha yang dikelola sendiri disebut juga sebagai usaha, usaha yang dilakukan dan dikelola secara sendiri disebut, usaha yg dikelola sendiri disebut, usaha ekonomi yang dikelola sendiri disebut usaha, usaha yang dikelola sendiri disebut juga usaha, usaha yg dikelola sendiri disebut usaha, usaha yang dikelola sendiri dinamakan usaha, jenis usaha yang dikelola sendiri disebut usaha, kegiatan ekonomi yang dikelola sendiri disebut usaha, yang dikelola sendiri disebut usaha, usaha ekonomi yang dikelola sendiri dinamakan, usaha yang dikelola sendiri dinamakan, usaha ekonomi yang memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola sendiri secara sederhana disebut usaha, usaha yg dikelola sendiri disebut juga sebagai usaha

Do you have any feedback or recommendations for a Usaha Yang Dikelola Sendiri disebut Usaha? Inilah Penjelasannya!?

Give your input, criticism, and suggestions about the Usaha Yang Dikelola Sendiri disebut Usaha? Inilah Penjelasannya! by leaving a comment in the COMMENT SECTION below. And don't forget to follow us to get the latest information about other popular places in the world.


Disclaimers!
All the data above is the last valid data when this " Usaha Yang Dikelola Sendiri disebut Usaha? Inilah Penjelasannya!" article was written. The source of this article comes from data https://www.google.co.id/maps and several other sources. And we do not recommend any of the outbound links contained on this site. G-bisnis.com is not responsible for any transaction risks that harm you. This article was created with the aim of making it easier for readers to find information about the location and review of this business. If any of the images on this site are yours, please contact us via the contact page so we can delete it immediately,

Post a Comment for "Usaha Yang Dikelola Sendiri disebut Usaha? Inilah Penjelasannya!"